raja langit

raja langit

Senin, 26 Juli 2010

Cerbonan

Kota pesisir di utara Jawa ini adalah kota persinggahan yang unik.
Sebagai kota besar terakhir yang menghubungkan budaya tanah pasundan dan kota-kota di Jawa Tengah, maka tak salah kalau di kota ini terjadi percampuran budaya yang indah.
Cirebon sendiri berasal dari berbagai kata, ada yang mengambil dari kata cai (air) dan rebon (udang kecil-kecil) yang memang banyak di perairan lautnya. Satu lagi berasal dari kata caruban, yang artinya campuran. Memang sejak dulu tanah ini penuh dengan percampuran, saat jaman Sunan Gunung Jati yang akhirnya menikah dengan putri dari tanah Tiongkok.
Di kota ini pun nuansa religinya sangatlah kuat, ada 4 Keraton yang masih eksis sejauh ini, walaupun tidaklah sebesar Keraton Jogja atau Surakarta. Yang paling terkenal adalah keraton Kasepuhan dengan masjid Agung Sang Ciptarasa. Banyak wisatawan dalam dan luar negeri yang menyempatkan diri untuk bisa menikmati suasana wisata budaya tersebut. Apalagi di bulan Mulud, saat digelar sekatenan maka keramaian pun tak terelakan.
Tak heran jika dilihat dari latar belakang budayanya maka sempatlah mencuat keinginan untuk menjadikan kota ini sebagai salah satu ibukota propinsi Jawa Barat atau malahan ide yang lebih besar lagi dengan kaukus panturanya menjadikan salah satu propinsi di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar