raja langit

raja langit

Selasa, 15 November 2011

Mens sana in corpore sano

Selama beberapa Minggu terakhir kabar-kabar tentang pentingnya hidup sehat seperti terngiang-ngiang di kepala. Kabar pertama muncul dari teman di grup mancing, mendadak kena serangan jantung dan harus melalui proses katerisasi hingga pemasangan ring di jantungnya. Masih hangat kabar tersebut, dapat kabar lagi, bahwa adik sepupu ibu mengalami kondisi yang cukup tragis, mengalami gagal ginjal dan harus melalui proses cuci air, karena kalau cuci darah kondisi jantungnya tidaklah cukup kuat. Hmm betapa mahalnya ya kesehatan itu

So bagaimana kita mensiasati hidup ini? Yang paling penting adalah mengusahakan pola hidup sehat. Hal ini bisa dimulai dari makanan yang kita asup setiap harinya. Dengan bertambahnya umur maka makanan yang terlalu manis, asin atau banyak lemak dan karbo pastinya harus lambat laun dikurangi. Selain itu istirahat yang cukup minimal 6 jam tidur malam dalam sehari. Tidak strees, dan yang tidak kalah penting adalah melakukan olah raga secara teratur.

Nah bicara olah raga, dulu waktu jaman sekolah sampai kuliah saya adalah pecinta olah raga mulai dari atletik, basket, volly bahkan sampai sepak bola menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun dengan berjalannya waktu setelah bekerja dan berumah tangga maka hal itu menjadi sesuatu yang jarang dilakukan.

Dalam 2 tahun terakhir saya sudah disadarkan kembali akan pentingnya olah raga ini, diawali dengan ogah-ogahan dan dipaksa-paksa, sampai pada akhirnya sekarang ini menjadi sesuatu yang wajib dan berasa seperti ada yang hilang jika tidak melakukan dalam seminggu. Ya menjadi pola hidup (live habit).

Jadi sebelum terlambat marilah mulai melakukan pola hidup sehat disertai dengan olah raga teratur. Mens sana in corpore sano (a sound mind in a healthy body)


2 komentar: